Selasa, 27 Maret 2012

Resume Analisis Pendapatan Nasional untuk Ekonomi Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi

Resume Analisis Pendapatan Nasional untuk Ekonomi Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Perekonomian Tertutup (Perekonomian Dua Sektor)

Perekonomian tertutup artinya tidak mengenal hubungan luar negeri, sehingga tidak ada kegiatan ekspor-impor. Perekonomian sederhana tidak mengenal keterlibatan pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Jadi, perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang melibatkan deal pelaku, yaitu rumah tangga dan perusahaan (swasta).

Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran di Indonesia

Inflasi (inflation) adalah gejala yang menunjukkan kenaikan tingkat harga umum yang berlangsung terus menerus. Dari pengertian tersebut maka apabila terjadi kenaikan harga hanya bersifat sementara, maka kenaikan harga yang sementara sifatnya tersebut tidak dapat dikatakan inflasi. Semua negara di dunia selalu menghadapi permasalahan inflasi ini.

Didasarkan pada faktor-faktor penyebab inflasi maka ada tiga jenis inflasi yaitu:

1) Inflasi Tarikan Permintaan (Demand-Pull Inflation).
adalah Inflasi yang disebabkan karena adanya kenaikan permintaan agregat yang sangat besar dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Inflasi tarikan permintaan biasanya
berlaku pada saat perekonomian mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja penuh dan pertumbuhan ekonomi berjalan dengan pesat (full employment and full capacity).

2) Inflasi Desakan Biaya (Cost-Push Inflation).
adalah Inflasi yang terjadi sebagai akibat dari adanya kenaikan biaya produksi yang pesat dibandingkan dengan tingkat produktivitas dan efisiensi, sehingga perusahaan mengurangi supply barang dan jasa.

3) Inflasi karena Pengaruh Impor (Imported Inflation).
adalah Inflasi yang terjadi karena naiknya harga barang di negara-negara asal barang itu, sehingga terjadi kenaikan harga umum di dalam negeri.

RESUME UANG, BANK DAN PENCIPTAAN UANG

RESUME UANG, BANK dan PENCIPTAAN UANG

UANG

Uang adalah alat satuan hitung yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
Fungsi uang ada 2 yaitu fungsi asli (alat tukar dan alat satuan hitung) dan fungsi turunan.
Jenis-jenis uang juga ada 2 yaitu uang kartal (uang kertas dan uang logam) dan uang giral (cek).

Nilai uang terbagi 2, yaitu:
1. Nilai uang dari bahan pembuatannya : Nilai intrinsik dan nilai nominal
2. Nilai uang dari penggunaanya : nilai internal dan nilai eksternal

Teori uang statis

Teori Uang Statis atau disebut juga "teori kualitatif statis" bertujuan untuk menjawab pertanyaan: apakah sebenarnya uang? Dan mengapa uang itu ada harganya? Mengapa uang itu sampai beredar? Teori ini disebut statis karena tidak mempersoalkan perubahan nilai yang diakibatkan oleh perkembangan ekonomi. Yang termasuk teori uang statis adalah:
-Teori Metalisme (Intrinsik) oleh KMAPP
-Teori Konvensi (Perjanjian) oleh Devanzati dan Montanari
-Teori Nominalisme
-Teori Negara

Teori uang dinamis

Teori ini mempersoalkan sebab terjadinya perubahan dalam nilai uang. Teori dinamis antara lain:
-Teori Kuantitas dari David Ricardo
-Teori Kuantitas dari Irving Fisher
-Teori Persediaan Kas
-Teori Ongkos Produksi

BANK

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.
Secara umum, fungsi bank adalah menghimpum dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat
Jenis bank ada 2, yaitu :
1. Bank sentral (Bank Indonesia)
2. Bank umum (Bank Mandiri, Bank BCA, Bank NISP, dll)

PENCIPTAAN UANG

adalah proses memproduksi atau menghasilkan uang baru. Terdapat tiga cara untuk menciptakan uang; pertama dengan cara mencetak mata uang kertas atau uang logam, kedua melalui pengadaan utang dan pinjaman, serta ketiga melalui beragam kebijakan pemerintah, misalnya seperti pelonggaran kuantitatif.

Senin, 26 Maret 2012

WHAT A DAY !!! (part 2)

Akhirnya Daniel dan Solihat pergi ke kampus dengan menggunakan motor Solihat, dan kami pun memutuskan untuk mencari tempat karaoke yang lebih murah yaitu di margocity.Kami pun berpencar Daniel dan Solihat ke kampus, sisanya kami pergi ke margonda untuk mem booking room karaoke. Dan kami pun mengajak 2 teman lagi untuk bergabung menyusul kami karaoke, lumayan buat nambahin patungan.

Kami pun memdapat room large berisikan 9 orang dan karaoke selama 2 jam,dan tidak lama pun Daniel dan Solihat pun muncul. Selama 2 jam kami have-fun, berkaraoke ria. Setelah 2 jam habis tadinya kami mau menambahkan jam karaokenya, tetapi teman2 memilih untuk pulang. Dan akhirnya kami pun pulang bersama berjalan ke tempat parkir motor. Solihat dan yang lainnya keluar duluan dengan motornya, tinggal kami bertiga yaitu saya, ari, dan feby. Motor saya masih berada di kampus dan meminta untuk di antar febi ke kampus mengambilnya. Di saat kami masing bersiap2 di motor, ari sedang membuka jok dan mengambil helmnya. Setelah di pakai helmnya, kemudian di tutup joknya dan tiba2 ari berteriak " kunci motor gue !!!!! ". Saya pun menghampirinya dan bertanya kenapa, ari mengatakan bahwa ternyata kunci nya tertinggal di dalam jok yang sudah tertutup........

Ketika saya tanya ada kunci cadangannya dia menjawab ada di rumah dan rumahnya berada di tebet. Setelah berdiskusi kami pun memutuskan saya yang mengantar ari ke rumahnya di tebet menggunakan motor saya, tetapi karna motor saya masih di kampus akhirnya kami bertiga naik motor febi. Di saat berdesakan di motor celana saya pun robek, seketika kamu bertiga pun tertawa terbahak-bahak di tengah jalan. Untungnya di jalan tidak ada polisi yang melihat, bisa bisa kami di tilang kalo terlihat bonceng bertiga di satu motor. Setibanya di kampus saya pun langsung mengambil motor dan keluar, lalu saya dan ari pun menuju rumah saya terlebih dahulu untuk mengambil dompet saya. Kami bertiga pun berpisah Febi langsung pulang ke tempat peristirahatannya (rumah) dan saya dengan ari menuju ke rumah saya.
Perjalanan dari kampus ke rumah saya kira-kira memakan waktu kurang lebih 30 menit, di sepanjang perjalanan kami berbincang-bincang ringan untuk mengusir rasa kantuk yang luar biasa. Saya pun terheran di cuaca yang panas seperti itu kenapa tiba-tiba muncul rasa kantuk yang luar biasa. Saking ngantuknya saya hampir menyerempet motor dari arah berlawanan yang ada di jalur saya karena menghindar dari angkot yang berhenti secara tiba-tiba. Untungnya kami terhindar dari bahaya tersebut, dan tak beberapa lama kemudian kami pun sampai di rumah saya. Di rumah saya, kami istirahat sejenak dan meminum segelas sirup merah yang luar biasa segarnya dan memakan beberapa cemilan untuk mengisi energi. Setelah istirahat beberapa saat kami pun melanjutkan perjalanan ke rumah ari di tebet.

Perjalanan dari rumah saya ke rumah ari di tebet kira-kira memakan waktu kurang lebih 90 menit, seperti sebelumnya rasa kantuk yang hebat kembali melanda kami, malah sebaliknya tidak ada rasa lelah yang saya rasakan melainkan rasa kantuk tersebut. Lalu lintas jalan pun waktu itu padat, di daerah Pasar minggu mulai terjadi kemacetan yang panjang,sekaligus panas yang menyengat badan terasa sekali pada saya. Kami pun memotong jalan lewat jalan yang agak kecil supaya terhindar dari macet. Beberapa lama kemudian kami pun tiba di rumah ari, ari pun langsung mengambil kunci motor cadangannya dan kami pun langsung berangkat lagi. Di tebet saya menyempatkan membeli es buah untuk di minum nanti sesampainya di rumah saya, Setelah itu kamu pun kembali menuju depok untuk mengambil motor ari di mal margocity tadi.

Kembali saya melakukan perjalanan kali ini lebih dari 90 menit dari rumah ari menuju margocity yang berada di Depok. Perjalanan kali ini kami terjebak macet di daerah Pancoran dan cuacanya masih panas menyengat, kami mencoba melewati jalan kecil lagi tetapi masih tetap macet juga. Akhirnya kami melewati Pancoran dan ketika di daerah Pasar Minggu kembali kami terjebak kemacetan, walaupun disini tidak terlalu parah seperti tadi tapi debu dan polusi dari angkutan umum membuat hawa panas tersebut datang lagi. Dan anehnya walaupun cuaca panas rasa kantuk pun masih menempel di tubuh kami.

Akhirnya kami pun tiba di margocity setelah menempuh perjalanan lebih dari 90 menit yang melelahkan, dan es buah yang tadinya saya beli di tebet masih dingin sekarang sudah berubah menjadi hangat legam. Kami pun langsung menuju ke motor ari langsung membuka joknya, dan ENG ING ENG !!!!! ada sebuah kunci motor yang terbaring indah di jok motor tersebut, dan karna benda itu lah kami harus bolak balik depok-tebet-depok. Akhirnya ari pun mengeluarkan motornya dari parkiran dan setelah berjabat dan berpelukan (what the !!!) ari pun mengucapkan terima kasih dan berpamitan, kami pun pulang ke rumah masing-masing.

Dari cerita ini saya dapat menyimpulkan betapa berharga nya sebuah pertemanan yang ada ketika kita membutuhkan dan saling membantu satu sama lain, maka cari lah teman sebanyak mungkin dan jagalah perasaan teman kalian, karna sewaktu-waktu kalian akan membutuhkan pertolongan dari teman anda di waktu yang tidak terduga :).

Kamis, 22 Maret 2012

WHAT A DAY !!! (part 1)

WHAT A DAY !!!


Hari ini kamis tanggal 22 maret 2012, hari kamis yang luar biasa melelahkan. Hari ini diawali oleh praktikum lab SI di kampus tercinta UNIVERSITAS GUNADARMA kelapa dua, jadwal masuk pukul 07:30, tetapi pukul 07:00 saya masih di rumah dan belum berangkat. Dengan tergesa-gesa saya menuju kampus dan persyaratan yang di minta untuk mengikuti praktikum masih kurang 1 yang belum terpenuhi yaitu poto 2x3, rencananya saya akan mencetak poto didekat kampus. Dan setibanya di kampus saya langsung menuju percetakan poto, sesaat setelah di cetak dan waktu ingin bayar ternyata dompet saya tertinggal di rumah....... BINGUNG !!!!!. Akhirnya saya meminjam uang teman saya untuk membayar .

Akhirnya praktikum berjalan dengan lancar dan selesai, kami bergegas keluar dari ruang praktikum. Tapi waktu masih menunjukkan pukul 09:30 masih terlalu pagi untuk langsung pulang ke rumah,akhirnya saya mengajak teman-teman saya untuk jalan-jalan sejenak. Teman-teman saya setuju dan kami berangkat ke depok mall dengan tujuan ingin karaokean dan makan disana,setibanya disana tempat karaokenya ternyata belum buka dan kami menunggu sambil makan di restoran fastfood disana,berhubung dompet saya ketinggalan akhirnya saya meminjam uang teman saya yang bernama Daniel. Selesai makan dan membayar ternyata uang yang di bawa Daniel hanya cukup untuk makan dan tidak cukup untuk patungan karaoke, karna seluruh uangnya ada di jaket and guess what?! jaketnya tertinggal di lab praktikum......

Jaket tersebut berisikan seluruh uang daniel yang rencananya akan saya pinjam beberapa dan secarik kertas stnk motor, sehingga daniel tidak bisa mengeluarkan motor dari parkiran mall untuk mengambil jaket di kampus karna tidak ada stnk.

sekian dulu ya ceritanya udah malem ngantuk coy masih kerasa capeknya hehe, sampai jumpa besok.

Selasa, 20 Maret 2012

RESUME PERILAKU PRODUSEN

RESUME PERILAKU PRODUSEN

Pengertian Produksi adalah proses menghasilkan barang dan jasa. Orang yang menghasilkan barang dan jasa disebut produsen atau yang biasa kita sebut pengusaha. Produksi juga memiliki fungsi, fungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output).
Dalam produksi ada beberapa faktor, yaitu :
1. Faktor produksi asli (alam)
2. Faktor produksi buatan (setelah di revisi oleh ibu dosen)
Tahap tahap produksi:
1. Mencari tau keinginan pasar atau konsumen.
2. Desain produk yaitu mendesain produk sesuai dengan keinginan pasar atau konsumen.
3. Proses produksi yaitu memproses produksi secara efektif dan efisiensi sesuai dengan desain produk
4. Pemasaran dan pendistribusian produk dengan pelayanan yang baik.
5. Perilaku produsen dalam kegiatan ekonomi

Perilaku produsen dalam kegiatan dalam perekonomian bagi masyarakat bermanfaat untuk memenuhi beberapa kepentingan dan kebutuhan masyarakat, selain itu masyarakat juga akan mendapat pandangan baru mengenai hubungan perusahaan dan masyarakat.
Seorang produsen harus mempunyai rencana-rencana tentang tujuan dan apa yang sedang atau akan dicapai.
Perencanaan yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini.

Faktual dan realistis; artinya apa yang dirumuskan sesuai fakta dan wajar untuk dicapai dalam kondisi tertentu yang dihadapi perusahaan.

Logis dan rasional; artinya apa yang dirumuskan dapat diterima oleh akal sehingga perencanaan dapat dijalankan.

Fleksibel; artinya perencanaan yang baik adalah yang tidak kaku yaitudapat beradaptasi dengan perubahan di masa yang akan datang.

Komitmen; artinya perencanaan harus melahirkan komitmen terhadapseluruh isi perusahaan (karyawan dan pimpinan) untuk bersama-sama berupaya mewujudkan tujuan perusahaan.

Komprehensif; artinya perencanaan harus menyeluruh dan meng-akomodasi aspek-aspek yang terkait langsung terhadap perusahaan.

RESUME SISTEM PASAR

RESUME SISTEM PASAR


Sistem pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan.
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produksi yang di hasilkan, banyaknya perusahaan ­dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.Struktur pasar di bagi 2 yaitu Pasar persaingan sempurna dan Pasar persaingan tidak sempurna.

A. Pasar Persaingan Sempurna
adalah sruktur pasar yang di tandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain :
Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak
Produk/barang yang di perdagangkan serba sama (homogen)
Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar
Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual/produsen
Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga
Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga /ada proses tawar menawar)
Contoh Pasar persaingan sempurna adalah Pasar Tanah Abang, dll.

B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
terdiri dari 3 macam pasar yaitu :

Pasar Monopoli

struktur pasar yang di tandai oleh adanya seorang produsen tunggal.Perusahaan Monopoli bebas menentukan jumlah output dan harga produk kapan saja dan bisa mendapatkan keuntungan yang normal dalam jangka waktu yang panjang. Produk yang di hasilkan oleh perusahaan monopoli biasanya tidak ada barang substitusi/penggantinya

Pasar Monopolistik

struktur pasar yang hampir sama dengan pasar persaingan sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan.

Pasar Oligopoli

struktur pasar dimana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan saling mempengaruhi.Pasar oligopoli di bagi 2 yaitu pasar oligopoli kolusif dan pasar oligopoli non kolusif. Dalam pasar oligopoli biasanya tidak ada kompetitor baru yang berani masuk karna banyak hambatan dan modal yang di perlukan sangat besar, dan barang yang di perdagangkan bercorak sama (homogen).

Selasa, 13 Maret 2012

Resume Perilaku konsumen

Perilaku konsumen berbeda-beda untuk masing-masing individu.
Cenderung perilaku konsumen masyarakat indonesia adalah perilaku konsumen yang menuju ke pemborosan.
Banyak hal yang mempengaruhi perilaku konsumen tesebut, antara lain :
> sifat gengsi
> untuk mendapatkan status dimasyarakat
> tidak berpikir panjang
> dan memiliki sifat shopaholic bagi kalangan atas, sekalipun barang yang dibeli tidak penting

Untuk satu contoh :
Ada sebuah keluarga yang tinggal mengontrak di sebuah desa yang sederhana, mereka membeli sebuah mobil, padahal mereka masih mengontrak. itulah yang disebut dari salah satu sifat untuk menaikkan status di sebuah masyarakat atau lingkungan.

Resume Penentuan harga, permintaan, dan penawaran

Hukum permintaan adalah "semakin tinggi permintaan, maka semakin tinggi harga pasar, sebaliknya semakin rendah permintaan, maka semakin rendah juga harga pasar."

Produsen harus mempunyai daya kreatifitas yang tinggi dan beberapa inovasi-inovasi yang modern, karena semakin tinggi tingkat kebutuhan akan barang tersebut dan peluang keuntungan yang bisa dirai, maka akan muncul kompetitor-kompetitor lain, yang akan menyaingi anda dan inovatif dari mereka sendiri.

barang substitusi/ barang pengganti : barang yang digunakan untuk menggantikan barang yang kegunaanya sama
contoh : teh dan kopi (sama-sama sebagai minuman)

barang komplementer/ barang pelengkap : barang yang digunakan untuk melengkapi barang lain agar lebih maksimal pemggunaannya
contoh : sendok dan garpu

Jumat, 09 Maret 2012

MAKALAH STRUKTUR PASAR

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena berkat rahmatNya kami dapat menyelesaikan Makalah Struktur Pasar dalam rangka memenuhi tugas Mata Kuliah Teori Organisasi Umum, juga terima kasih kami ucapkan kepada Dosen Mata Kuliah Teori Organisasi Umum atas tugas yang telah diberikan sehingga menambah pemahaman penulis terhadap makalah yang penulis buat.
Kami mempersembahkan Makalah mengenai Struktur Pasar yang diringkas dari beberapa sumber seperti buku “Mikro Ekonomi” karangan Sadono Sukirno dan juga internet yang secara garis besar membahas tentang Struktur Pasar seperti :

1. Pasar Persaingan Sempurna
2. Pasar Monopoli
3. Pasar Monopolistik
4. Pasar Oligopoli

Kami berusaha menyajikan makalah ini semaksimal mungkin agar mudah untuk dibaca dan dipahami. Jika terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan ini, kami mohon saran dan kritik.

Depok, 8 Maret 2012





BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.

Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
a. Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya:
1) pasar tradisional
2) pasar raya
3) pasar abstrak
4) pasar konkrit
5) toko swalayan
6) toko serba ada

b. Sedangkan berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya:
1) pasar ikan
2) pasar sayuran
3) pasar buah-buahan
4) pasar barang elektronik
5) pasar barang perhiasan
6) pasar bahan bangunan
7) bursa efek dan saham.

Struktur Pasar

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Jenis-jenis Struktur Pasar
· Pasar Persaingan Sempurna
· Pasar Persaingan Tidak Sempurna


BAB II
PEMBAHASAN

Jenis-jenis Struktur Pasar

A. Pasar Persaingan Sempurna

Persaingan sempurna, adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi harga produk tersebut. Informasi tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa dengan mudah mendapatkannya. Dalam jangka panjang tidak ada perusahaan atau industri yang menerima laba di atas normal.

Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah:
a. Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
b. Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
c. Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
d. Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
e. Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
f. Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga/ada proses tawar-menawar).

Pasar persaingan sempurna biasanya berisi atau menjual barang-barang kebutuhan primer seperti Pasar Tanah Abang, atau pasar yang menjual sembako.


B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

a. Pasar Monopoli

Pasar Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. Perusahaan monopoli bebas untuk menentukan jumlah output dan harga produk kapan saja dan bisa mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal dalam jangka panjang.

Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
1. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan monopoli tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
2. Adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.
3. Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
4. Dapat mempengaruhi penentuan harga.
5. Promosi iklan tidak terlalu diperlukan.
6. Pemerintah ikut campur tangan dalam proses pengawasan penentuan harga.

Ada beberapa penyebab terjadinya pasar monopoli, di antara penyebabnya adalah sebagai berikut:
1. Ditetapkannya Undang-undang (Monopoli Undang-undang). Atas pertimbangan pemerintah, maka pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. Pos dan Giro, PT. PLN.
2. Timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut.
3. Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
4. Perusahaan monopoli mempunyai sumber daya tertentu yang unik yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

b. Pasar Monopolistik

Persaingan monopolistik, adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan.
Contoh: produk sabun yang memiliki keunggulan misalnya untuk kecantikan, kesehatan dan lain-lain.

Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1. Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
2. Barangnya bersifat berbeda corak.
3. Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
4. Perusahaan-perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar dari industri.
5. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga.

Pasar Monopolistik memiliki keunggulan sebagai berikut :
1. Banyak variasi produk yang menguntungkan konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
2. Membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
3. Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.

Kelemahan Pasar Monopolistik sebagai berikut :
1. Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2. Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3. Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen

c. Pasar Oligopoli

Oligopoli, adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi. Pasar Oligopoli dalam teori Ekonomi Mikro dibedakan menjadi 2 macam yaitu, Pasar Oligopoli Kolusif yaitu dimana perusahaan-perusahaan saling bersepakat untuk melakukan tindakan bersama didalam menentukan harga dan tingkat produksi, dan Pasar Oligopoli Nonkolusif yaitu dimana perusahaan-perusahaan tidak melakukan kesepakatan.

Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
1. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
2. Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.
3. Adanya ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk.
4. Kekuasaan menentukan harga ada kalanya lemah dan ada kalanya sangat tangguh.
5. Perusahaan – perusahaan baru sangat sulit untuk masuk ke pasar Oligopoli.

Jenis-jenis pasar Oligopoli

Berdasarkan produk yang diperdagangkan, pasar oligopoli dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Pasar oligopoli murni (pure oligopoly), pasar yang dimana barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik, misalnya praktek oligopoli pada produk air mineral dalam kemasan atau semen.
2. Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly), pasar yang dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan, misalnya pasar sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merek terkenal seperti Honda, Yamaha dan Suzuki.



KESIMPULAN

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Pasar persaingan tidak sempurna terbagi atas :

1. Pasar Monopoli
2. Pasar Monopolistik
3. Pasar Oligopoli


Setiap pasar mempunyai ciri yang berbeda-beda. Keunggulan dan kelemahan pasar dapat mempengaruhi suatu pasar ditentukan dari tingkat variasi produk, banyaknya perusahaan pesaing, dan kekuasaan dalam menguasai pasar.


Studi Kasus

Peranan Koperasi dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Peran koperasi didalam Pasar Monopoli, berdasarkan ciri-ciri Pasar Monopoli, sepertinya agak sulit bagi koperasi untuk menjadi pelaku monopoli baik dalam cakupan lokal, regional maupun nasional.
Peran koperasi didalam pasar oligopoli adalah sebagai retailer (pengecer), dikarenakan untuk terjun ke dalam pasar oligopoli ini diperlukan modal yang tinggi. Koperasi dapat berperan sebagai pengecer produk berbagai jenis dari beberapa produsen. Keuntungan diperoleh dari laba penjualan.
Dalam Pasar Monopolistik perusahaan harus melakukan kegiatan promosi yang sangat gencar. Hal ini dikarenakan produk yang dipasarkan memiliki karakteristik yang hampir sama. Oleh karena itu, koperasi membutuhkan strategi dan taktik bisnis dalam promosi untuk membuat pembedaan agar produknya terlihat jelas oleh para konsumen.


DAFTAR PUSTAKA

* www.google.com
* www.wikipedia.com
* Sadono Sukirno, MIKRO EKONOMI : Teori Pengantar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2007.
* http://alvinjunizar.blogspot.com
* http://putracenter.net/2009/07/22/teori-ekonomi-mikro-struktur-pasar/
* http://mierameidianisuryadi.blogspot.com/2012/01/peranan-koperasi-di-pasar-persaingan_14.html


Nama Kelompok :
Citra QuintiaraIndah (11110616)
Eka Wahyuningsih (1211029)
Hanifidiani(13110122)
Mochamad Resyid (14110441)
Novi Latifah (15110054)
Ricky Alfiansyah (19110753)

Minggu, 04 Maret 2012

KOMENTAR UNTUK IBU DOSEN IRA PHAJAR LESTARI, SE, MM

Hari selasa tanggal 28 februari tahun 2012, kami mahasiswa fakultas ilmu komputer jurusan sistem informasi kedatangan dosen baru yang bernama IRA PHAJAR LESTARI, SE, MM. Beliau adalah lulusan S1 STIE GUNADARMA pada tahun 1990-1994

Pada hari pertama beliau masuk dan keliatan sudah sangat siap sekali untuk menyampaikan materi-materi kepada kami.Dari segi teknis beliau sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menyampaikan materi dan tabel penilaian.

Beliau sangat baik dalam hal presentasi, cara bicara dengan audien sangat baik. Mungkin bicara hanya didepan kurang lebih 40 orang bukanlah sesuatu yang sulit bagi beliau karena beliau sudah berpengalaman dalam bidang perkuliahan mengingat beliau sudah mulai mengajar dari tahun 1997.

Dalam menyampaikan materi-materi sangat interested, tetapi mohon jangan terlalu terburu-buru dalam menyampaikan materi bu hehehe...