Kamis, 29 September 2011

KALIMAT PASIF DALAM BAHASA INGGRIS

KATA PASIF DALAM BAHASA INGGRIS

Bahasa inggris adalah bahasa yang menarik dari struktur yang di gunakan nya. Salah satu perbedaan bahasa inggris dengan bahasa indonesia adalah bentuk tense. Karena memiliki perbedaan yakni adanya berbagai macam bentuk tense yang dalam bahasa indonesia tidak ada, maka hal ini menyebabkan kesulitan/masalah dalam pembelajaran bahasa inggris. Dalam bahasa inggris terdapat berbagai macam tense dalam suatu kalimat bahasa inggris yaitu present & past tense, present & past continues, present & past perfect, present & past future dan sebagainya. Sebagaimana yang telah di sampaikan, bahwa untuk mengungkapkan baik lisan maupun tulisan kaimat bahasa inggris secara benar dari segi tensisnya maka mau tidak mau pembelajar harus mengetahui kata – kata kerja yang masuk dalam kerja bentuk pertama / V1, bentuk kedua / V2 & bentuk ketiga / V3. Selain itu memahami rumus masing – masing kalimat yang berisi tensis yang berbeda memudahkan kita untuk mengungkapkan kalimat bahasa inggris, baik kalimat aktif maupun kalimat pasif.
Kalimat pasif bahasa inggris itu ada karna adanya kalimat bahasa inggris aktif baik yang sudah dinyatakan secara lisan / tertulis maupun hanya dalam pikiran. Kalimat aktif yang di maksud adalah kalimat yang kata kerjanya adalah kata kerja positif yaitu kata kerja yang di ikuti oleh objek atau benda. Jadi kata kerja yang bukan kata kerja transitif tidak bisa diubah menjadi kata kerja pasif, misalnya: kata kerja intransitif seperti swim, walk, run.
Pada bahasa Inggris bentuk pasif ditandai dengan to be + V3.To be dalam setiap kalimat berbeda-beda, tergantung tenses kalimat tersebut.

1.

Present simple
Rumus: S

+ am/is/are + V3 + O + Adv.
Contoh:Active : Somebody holds a ceremony.Passive : A ceremony
is held by
somebody.


2.

Past simple

Rumus: S + was/were + V3 + O + Adv.
Contoh:Active : The King of Majapahit built the castle.Passive : The castle
was built by
the King of Majapahit

3.

Simple Perfect
Rumus: S + has/have + been + V3 + O + Adv
Contoh:Active: I have finished the assignment.Passive: The assignment
has been finishedby me atau The assignment has been finished.
(tanpa objek)

4.

Simple Future
Rumus: S + will / shall + be + V3 + O + Adv
Contoh:Active: My mother will cook the fried chicken for me.Passive: The fried chicken will be cooked for me atau The fried chicken will be cooked for me by my mother.Passive voice juga bisa dibentuk dari tenses lainnya, yang akan dipelajari pada tingkatan yanglebih tinggi. Perbedaannya hanya terletak pada
to be kalimat tersebut.Ingat, dalam membuat passive voice, to be harus sesuai dengan jenis kalimat (tensesnya).

Dengan demikian syarat mutlak untuk membuat kalimat pasif adalah adanya kalimat aktif yang berisikan kata kerja transitif. Selanjutnya dalam soal bahasa inggris seringkali kalimat aktif di ubah menjadi kalimat pasif atau sebaliknya dari kalimat pasif ke kalimat aktif. Agar lebih berhasil dalam pengubahan kalimat ini maka harus di ketahui terlebih dahulu bentuk kata kerja ( teratur / tidak beraturan ) yang masuk dalam V1, V2, & V3. Selebihnya adalah rumus yang merupakan wujud pendek dalam suatu kalimat yang berisi tensis yang berbeda. Jadi belajar bahasa inggris sebenarnya menarik,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar