Selasa, 20 Maret 2012

RESUME SISTEM PASAR

RESUME SISTEM PASAR


Sistem pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan.
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produksi yang di hasilkan, banyaknya perusahaan ­dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.Struktur pasar di bagi 2 yaitu Pasar persaingan sempurna dan Pasar persaingan tidak sempurna.

A. Pasar Persaingan Sempurna
adalah sruktur pasar yang di tandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain :
Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak
Produk/barang yang di perdagangkan serba sama (homogen)
Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar
Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual/produsen
Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga
Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga /ada proses tawar menawar)
Contoh Pasar persaingan sempurna adalah Pasar Tanah Abang, dll.

B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
terdiri dari 3 macam pasar yaitu :

Pasar Monopoli

struktur pasar yang di tandai oleh adanya seorang produsen tunggal.Perusahaan Monopoli bebas menentukan jumlah output dan harga produk kapan saja dan bisa mendapatkan keuntungan yang normal dalam jangka waktu yang panjang. Produk yang di hasilkan oleh perusahaan monopoli biasanya tidak ada barang substitusi/penggantinya

Pasar Monopolistik

struktur pasar yang hampir sama dengan pasar persaingan sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan.

Pasar Oligopoli

struktur pasar dimana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan saling mempengaruhi.Pasar oligopoli di bagi 2 yaitu pasar oligopoli kolusif dan pasar oligopoli non kolusif. Dalam pasar oligopoli biasanya tidak ada kompetitor baru yang berani masuk karna banyak hambatan dan modal yang di perlukan sangat besar, dan barang yang di perdagangkan bercorak sama (homogen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar